Cara Membuat Kolam Ikan Koi yang Benar

Category: Uncategorized | No comments

Kolam Ikan Koi – Memelihara ikan koi tentu juga tidak luput dari usaha untuk cara membuat kolam ikan koi yang benar. Karena dalam membudidayakan ikan koi tentu butuh tempat yang tepat, sesuai dan proporsional. Dalam membuat kolam koi tentu butuh persiapan yang matang baik dari segi material, persiapan desain maupun besarnya biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Sehingga kolam koi yang dibuat tidak akan di luar perkiraan dan sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya. Persiapan yang matang tentu hasilnya juga akan lebih maksimal.

Memang membangun kolam koi ini bukan perkara yang mudah, sehingga tidak semua orang sanggup melakukannya. Oleh karena itu jika berdomisili di area Jawa Timur sebaiknya hubungi saja nomor telepon 085732687859 dengan CV. Agro Koi Kediri.

Tentunya urusan membuat kolam koi bukan lagi menjadi masalah, karena ada yang siap membantu dengan jasa pembuatan kolam ikan koi minimalis yang baik dengan berbagai ukuran, dimensi, kedalaman, fungsi dan material yang diinginkan. Cukup melakukan konsultasi tentang keinginan untuk membudidayakan ikan koi dan utarakan desain yang ingin dikembangkan. Maka tentu akan mudhah untuk pelaksanaannya.

Desain Kolam Koi

Ada berupa-rupa desain kolam koi mulai dari berbagai bentuk, dimensi dan kedalaman kolam ikan koi. Semua bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan dalam membudidayakan jenis ikan koi. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini beberapa desain kolam koi yang dapat dijadikan contoh jika berencana membuat kolam ikan koi yang benar.

  • Bentuk oval cocok diberikan sebagai desain di taman depan atau belakang rumah. Bisa juga dengan bentuk abstrak. Kolam dengan design tersebut paling baik menggunakan material beton atau batu alam sehingga terlihat menawan dan lebih artistik.
  • Jika memakai aquarium atau terpal maka desain kolam sebaiknya berbentuk persegi atau persegi panjang. Supaya lebih mudah proses pembuatannya dan tidak menyusahkan. Dengan ukuran yang mudah maka membuat kolam dapat berjalan lancar dan tentunya dalam waktu yang lebih cepat.
  • Tentukan desain yang diinginkan, termasuk ukuran atau dimensi dan kedalaman kolam ikan koi. Pastikan ukuran sesuai jumlah ikan yang akan dipelihara nantinya serta kedalaman kolam juga cukup untuk menghindari bahaya dan menjaga suhu air dalam kolam.
  • Pastikan juga desain kolam koi cukup menarik untuk dilihat apabila hendak dibandung di area pekarangan rumah. Sehingga bukan hanya berfungsi sebagai alat memelihara dan budidaya ikan koi, namun kolam juga dapat berfungsi untuk mempercantik lingkungan taman rumah.

Kedalaman Kolam Ikan Koi

Cara Membuat Kolam Ikan Koi yang Benar

Kedalaman kolam ikan koi bisa bervariasi, tentunya sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya perkirakan dahulu berapa banyak ikan koi yang hendak dipelihara dan dibudidayakan. Supaya kedalaman kolam ikan koi yang dibuat akan sesuai dengan kebutuhan. Karena itu selalu sesuaikan kebutuhan akan kedalaman kolam yang memadai untuk sejumlah ikan koi yang dipelihara. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa saran mengenai ukuran dan kedalaman kolam ikan koi yang umum dibuat oleh banyak pemelihara ikan ini, yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan untuk memilih kedalaman yang tepat supaya suhu di dalam kolam lebih stabil. Jika terlalu dangkal maka sinar matahari yang masuk ke kolam akan membuat kolam suhunya menjadi lebih cepat panas daripada seharusnya. Jika cukup dalam maka bagian dasar kolam akan tetap stabil suhunya sehingga ikan koi akan tumbuh lebih optimal.
  • Pastikan juga kedalaman kolam ikan koi yang memadai untuk upaya menghindari ancaman yang dapat terjadi pada ikan koi. Misalnya ancaman dari hewan lain seperti anjing atau kucing. Jika kolam terlalu dangkal maka bisa jadi ikan koi akan mudah diganggu oleh hewan yang lain.
  • Umumnya kedalaman kolam ikan koi yang paling baik yaitu kurang lebih sekitar 80cm. Karena kedalaman ini mencukupi agar tidak terganggu oleh hal yang disebutkan di atas. Kolam yang terlalu dalam juga akan susah untuk dibersihkan lebih rutin, sehingga memudahkan timbul lumut ataupun kadar air kolam yang lebih mudah keruh karena hal tersebut.

Cara Membuat Kolam Ikan Koi Agar Tidak Bocor

Salah satu hal yang tak mudah saat memelihara ikan koi termasuk menjaga keutuhan kolam ikan koi. Hal ini adalah salah satu upaya supaya kolam yang telah dibuat dapat bertahan lama serta tidak mudah rusak apalagi mengalami kebocoran. Karena itu butuh cara tertentu untuk mengatasi cara membuat kolam ikan koi agar tidak bocor tersebut.

Lebih tepatnya sebaiknya pastikan untuk membuat kolam koi yang memakai material baik sehingga awet dan tidak mudah mengalami bocor di saat sedang memelihara ikan koi. Karena tentunya hal ini dapat merugikan dan menyusahkan proses pemeliharaan ikan koi. Oleh sebab itu sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini bagaimana cara mencegah terjadinya kebocoran pada kolam dan juga bagaimana mengatasi jika terjadi kebocoran kolam yang tidak diinginkan.

Info seputar tanaman :  Tanaman Hias ditempat Panas

  • Upayakan untuk membuat kolam dengan bahan atau material yang lebih tangguh. Jika terbuat dari aquarium pastikan memakai kaca yang baik dan cukup tebal. Jika memakai material seperti semen atau batu pastikan cukup tebal dan rapat pemasangannya.
  • Pastikan meletakkan dan menyesuaikan desain kolam dengan benar supaya terhindar dari resiko terjadinya kebocoran. Karena itu ada baiknya memastikan desain kola mikan koi lebih dahulu sebelum mulai membuatnya.
  • Apabila hingga terjadi kebocoran halus yang terjadi setelah menyelesaikan pembuatan kolam, sebaiknya kuras dan bersihkan aquarium kemudian sebaiknya keringkan dahulu hingga beberapa saat. Kemudian isi aquarium dengan air sedikit demi sedikit (misalnya ditambahkan setiap satu jam). Saat melakukan hal tersebut lakukan sambil mengamati, apabila mulai terlihat ada rembesan air, disitulah kemungkinan merupakan letak kebocoran paling bawah.
  • Selanjutnya segera bersihkan bagian yang bocor tersebut dan segera oles dengan cat waterproof atau lem silikon. Setelah melakukan penambalan, selanjutnya tambahkan isinya dan lakukan kembali apa yang sudah kita lakukan sehingga semua tempat yang bocor dapat diketahui.
  • Penambalan akan lebih baik dilakukan dari bagian dalam aquarium. Oleh sebab itu disarankan supaya setiap kali aquarium harus dikosongkan dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum diolesi cat waterproof atau lem silicon.
  • Terakhir selalu berikan waktu dan tunggu hingga lem kering baru diisi air kembali untuk melakukan pengecekan ulang. Lakukan demikian hingga sudah tidak terjadi kebocoran sama sekali pada aquarium ikan koi.

Ukuran Kolam Ikan Koi

Tentu ada beragam dan berbagai ukuran kolam ikan koi. Semua tergantung kebutuhan dan keinginan, termasuk factor apakah terdapat lokasi dan ruang yang cukup. Ukuran kolam ikan koi yang dipilih sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dalam memelihara ikan koi. Tanpa ukuran yang tepat pastinya nanti akan susah untuk memulai membuat kolam. Jika bingung, berikut ini ada beberapa referensi ukuran yang dapat dicontoh, hal ini bergantung pada jenis bahan dan material yang digunakan untuk membuat kolam ikan koi. Untuk lebih jelasnya simak saja referensi ukuran di bawah ini:

  • Jika membuat kolam koi minimalis yang terbuat dari aquarium umumnya dapat memakai ukuran kurang lebih tinggi 50 cm dan lebar sekitar 1 meter serta panjang 1.5 meter. Ini adalah ukuran yang biasa dipakai jika ingin memelihara ikan koi dengan memakai aquarium mini.
  • Apabila berencana untuk membuat kolam koi minimalis yang terbuat dari batu alam dapat disesuaikan dengan lokasi yang dipilih. Misalnya sekitar kedalaman 80cm, lebar 1 meter dan panjang 1.5 meter. Ukuran kolam ikan koi ini cukup memungkinkan untuk menambahkan kolam koi minimalis tersebut di tengah taman rumah, baik taman depan rumah ataupun di taman belakang rumah.
  • Bila membuat kolam dengan bahan dasar semen bisa juga memakai referensi kolam batu alam. Pada intinya sesuaikan kolam dengan ketersediaan lahan. Sehingga kolam tidak terlalu menyita tempat namun cukup nyaman untuk dijadikan tempat budidaya ikan koi.
  • Membangun kolam koi dengan terpal tentu akan lebih membutuhkan ukuran besar. Karena itu kolam terpal lebih cocok dibikin di area kebun yang luas dan tempat tersendiri. Sehingga cukup besar areanya dan tidak mengganggu. Secara umum, kolam ikan terpal dibangun dengan ukuran 4 x 5 x 1 meter, artinya panjang sebesar 4 meter, panjang 5 meter dan kedalaman 1 meter. Untuk ukuran kolam ikan ini maka anda butuh terpal berukuran 6 x 7 meter dan jenisnya merupakan terpal yang halus.

Itu tadi beberapa tips dan trik dalam cara membuat kolam ikan koi yang benar dan sesuai dengan kebutuhan. Membangun kolam koi yang sesuai dengan jumlah ikan koi yang dibudayakan tentu akan lebih optimal daripada berlebihan atau misalnya kolam terlalu kecil. Jika memang mengalami kesusahan dan bingung bagaimana membangun kolam tersebut, segera saja hubungi CV Agro Koi Kediri di nomor telepon 085732687859. Tentunya akan dengan siap segera membantu memberikan jasa pembuatan kolam koi yang diharapkan dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan takut untuk bertanya atau mendisukusikan harga, karena hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta ketersediaan dana.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>