Manfaat Nangka untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

Tanaman nangka ini sangat dekat dengan kerabat buah lainnya seperti Cempedak, keluarga dan juga sukun, yang masih merupakan jenis tanaman buah tahunan yang sama. Pohon nangka ini memiliki umur tanaman yang sangat panjang dan dapat mencapai usia hingga puluhan tahun.

Memiliki tinggi tanaman hingga lebih dari 25 meter. Dengan panjang buah rata-rata 30 hingga 90 cm, sebagian besar nangka ini memiliki diameter 25 hingga 50 cm, dengan berat rata-rata hampir 15 hingga 20 kg. Namun, ada juga nangka yang beratnya bisa mencapai 40 hingga 50 kg. Tanaman nangka ini adalah buah yang dapat menghasilkan buah yang sangat berbeda, beberapa dapat menghasilkan hingga 60 buah per pohon dan tahun.

Manfaat Nangka untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

Bagian dari nangka yang dikonsumsi sangat sering adalah nangka muda, nangka dan biji matang. Setiap komposisi memiliki sejumlah nutrisi yang berbeda di setiap bagiannya. Nangka muda ini hampir memiliki komposisi mineral yang cukup baik untuk kesehatan fisik, terutama kehadiran bahan-bahan seperti kalsium dan fosfor

Datang dan cari tahu tentang manfaat nangka! Nangka memiliki tekstur nyata dan rasa manis dan merupakan salah satu buah tropis paling populer. Nangka tidak hanya dimakan langsung, tetapi juga sering dicampur menjadi minuman yang berbeda.

Dimulai dengan Dawet Ice, Jazzed Ice hingga Mixed Ice. Faktanya, nangka adalah favorit vegan karena teksturnya yang gemuk.

Nah, selain yang lezat yang baru saja dimakan, tampaknya ada banyak manfaat kesehatan nangka, Anda tahu. Sesuatu? Koil berikut merangkum tujuh di antaranya:

1. Menjaga kesehatan kulit

Nangka kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, yang menjaga kulit tetap kenyal dan kencang. Selain itu, kandungan fitonutrien dalam nangka dapat memperlambat penuaan kulit.

2. Menurunkan tekanan darah

Makanan kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurut American Heart Association. Nah, buah tropis yang satu ini kaya kalium.

Secangkir nangka mentah dengan setidaknya 739 miligram kalium. Sementara itu, jumlah potasium yang disarankan untuk orang dewasa adalah 4.700 miligram per hari.

3. Pencernaan lancar

Nangka, terutama bijinya, kaya akan serat larut dan tidak larut. Menurut Food and Drug Administration, serat larut dapat menurunkan kolesterol dan memperlambat asupan karbohidrat. Ini dapat mencegah lonjakan gula darah.

Selain itu, biji nangka juga mengandung probiotik, yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik selama pencernaan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lain dari nangka adalah kandungan vitamin C, yang juga bertindak sebagai antioksidan. Komponen antioksidan ini dapat melawan radikal bebas yang menyerang sel-sel tubuh kita. Dengan cara ini organ-organ tubuh dapat bekerja dengan baik dan kita bebas dari masalah kesehatan.

5. Tingkatkan energi

Nangka mengandung karbohidrat dalam jumlah besar yang dapat menambah energi. Meski kaya karbohidrat, mengonsumsi nangka tidak akan menambah lemak ke tubuh.

Kandungan sukrosa dan fruktosanya mudah dicerna, sehingga tidak ada masalah bagi penderita diabetes untuk mengonsumsinya.

6. Mencegah anemia

Nangka mengandung zat besi dan dapat membantu melawan kekurangan sel darah merah. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi juga meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Selain itu, nangka mengandung tembaga dan magnesium, yang berguna dalam pembentukan darah.

7. Memperkuat tulang

Mereka yang alergi terhadap laktosa dapat mengonsumsi nangka alih-alih susu. Karena nangka mengandung kalsium dalam jumlah banyak, yang dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Manfaat lain dari nangka adalah kandungan kalium, yang juga dapat meminimalkan kehilangan kalsium melalui ginjal. Dengan menggabungkan kalium dan kalsium, kita menghindari osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *