Masjid di Pelosok Indonesia Banyak yang Tidak Wajar

Mempunyai masjid yang wajar ialah satu mimpi buat kaum muslim di semua wilayah. Namun, masih ada masjid-masjid di Indonesia yang masih tetap jauh dari kata wajar. Baik itu dalam soal membuat masjid sampai fasilitas serta prasarananya. Apa sebagai unsur masjid jadi kurang atau mungkin tidak wajar serta apa yang perlu dilaksanakan kita untuk kaum muslim? Berikut paparannya.

Keutamaan Membuat Masjid

Di Indonesia sendiri masjid sangat banyak serta menyebar nyaris di beberapa daerah. Termasuk juga juga di wilayah pelosok sekalinya. Ini mengisyaratkan jika kesadaran bangun rumah Allah buat warga muslim di tanah air jadi hal yang perlu. Kecuali untuk fasilitas untuk melaksanakan ibadah, masjid dapat dipakai untuk lembaga sosial dalam menangani permasalahan yang berada di warga.

Contohnya saja untuk kurangi angka kemiskinan lewat program-program pertolongan dari beberapa donatur serta jamaah. Disamping itu, membuat masjid dari sisi Islam sendiri akan memperoleh keutamaan yang melimpah dalam kehidupan. Ini disebut dalam QS At-Taubah : 18.

{مَا كَانَ لِلْمُشْرِكِينَ أَنْ يَعْمُرُوا مَسَاجِدَ اللَّهِ شَاهِدِينَ عَلَى أَنْفُسِهِمْ بِالْكُفْرِ أُولَئِكَ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ وَفِي النَّارِ هُمْ خَالِدُونَ. إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلا اللَّهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ}

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah adalah beberapa orang yang beriman pada Allah serta hari selanjutnya, dan masih membangun shalat, menjalankan zakat serta tidak takut (pada siapa saja) kecuali Allah, karena itu mereka yang termasuk juga kelompok beberapa orang yang tetap mendapatkan panduan (dari Allah Ta’ala)”

Kenapa Masjid Banyak yang Tidak Wajar?

Mengingat membuat masjid serta memakmurkannya mempunyai keutamaan, tetapi dalam faktaya ada banyak masjid yang tidak wajar. Terutamanya di beberapa daerah pelosok yang membutuhkan pertolongan. Banyak hal sebagai unsur kenapa masjid tidak wajar salah satunya ialah kekurangan dana dalam melakukan renovasi serta membuat masjid itu.  Selanjutnya, hal tersebut diperburuk lagi dengan kurangnya info yang ada. Dengan demikian, buat jamaah atau donatur dalam tempat lain akan kesusahan jika ingin menolong melakukan renovasi masjid itu. Tentang akses jalan ke arah masjid juga jadi unsur lain yang perlu jadi perhatian jika ingin jadikan masjid itu wajar serta nyaman dipakai untuk melaksanakan ibadah. Begitupun dengan sarana yang lain. Mirip contoh saja tentang penyediaan air bersih untuk berwudhu serta bersihkan masjid. Sarana selanjutnya ialah peralatan melaksanakan ibadah seperti karpet atau sajadah, sarung, serta mukena sampai penyediaan al-Quran yang wajar.

Memakmurkan serta Membuat Masjid Nusantara

Lihat fakta yang ada itu, Yayasan Masjid Nusantara memiliki komitmen untuk selalu menolong dalam merealisasikan masjid yang wajar bersama-sama warga luas. Ditambah lagi untuk daerah-daerah yang berada di luar Pulau Jawa. Untuk contoh contohnya masjid-masjid yang berada di Halmahera. Team dari Yayasan Masjid Nusantara juga sudah masuk dalam daerah itu untuk ketahui apa yang perlu diperbaiki serta dibutuhkan. Begitupun dengan di wilayah lain seperti di Jawa Barat, persisnya di wilayah, Cisewu yang masuk ke daerah administrasi Garut. Wilayah ini sebagian besar penduduknya kurang dapat, dengan begitu dibutuhkan juluran tangan dari warga. Diinginkan adanya program yang ditargetkan oleh Yayasan Masjid Nusantara ini bisa memperantai di antara donatur dengan faksi manajemen masjid yang memerlukan pertolongan. Hal itu dilaksanakan buat merealisasikan masjid yang wajar buat warga seputar pada terutamanya serta warga muslim biasanya. Ingat, berapa juga pertolongan kita dalam membuat masjid yang wajar akan dicatat untuk amal baik oleh Allah SWT. Dengan demikian, kita akan tetap memperoleh perlindungan serta karunia dari-Nya. Ingin mengetahui Harga Kubah Masjid Enamel serta Galvalum?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *