Mengenal Macam Jenis Senapan Angin

Category: Uncategorized | No comments

Mengenal Macam Jenis Senapan Angin

Mengenal Macam Jenis Senapan Angin – Senapan angin merupakan salah satu alat yang harus dimiliki oleh seseorang yang memiliki hobi menembak selain air softgun. Disamping itu, senapan angin juga lebih mudah untuk anda miliki daripada air softgun, karena tidak akan membutuhkan ijin kepemilikan dari pihak yang berwajib.

Berbeda halnya dengan air softgun, karena memiliki bentuk yang hampir mirip dengan senjata api maka diwajibkan untuk mempunyai ijin kepemilikian. Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua jenis senapan angin bisa anda miliki secara bebas.

Yang bisa anda miliki adalah senapan angin pcp berkaliber 4,5 mm saja karena tidak membutuhkan ijin dari kepemilikannya. Jadi, apabila Anda ingin mempunyai sebuah senapan angin dengan kaliber 5,5 mm maka Anda diharuskan mempunyai ijin secara langsung dari pihak berwajib.

Senapan angin sendiri memiliki berbagai macam jenis, dengan harga yang sangat bervariasi mulai dari harga paling murah yang hanya ratusan ribu rupiah saja sampai harga paling mahal yang bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Berikut ini adalah beberapa jenis senapan angin yang harus Anda ketahui:

  • Senapan Angin Gas
  • Senapan Angin Spring atau Pegas atau Per
  • Senapan Angin Single Pump Pneuatic
  • Senapan Angin Multi Pump Pneumatic
  • Senapan Angin CO2
  • Senapan Angin Pre-Charged Pneumatic (PCP)

Dari beberapa macam jenis senapan angin diatas yang paling banyak beredar di pasaran Indonesia adalah jenis Senapan Angin Multi Pump Pneumatic, Senapan angin Spring / Per / Pegas, Senapan Angin CO2, dan juga Senapan Angin Pre-Charged Pneumatic (PCP). Karena beberapa jenis inilah yang paling umum, maka kali ini kami hanya akan membahas beberapa jenis senapan angin jenis ini saja.

Senapan Angin Multi Pump Pneumatic di pasaran di sebuat sebagai Senapan Angin Pompa, maka tak heran jika banyak sekali penjual senapan angin yang merasa sangat bingung apabila Anda bertanya mengenai Senapan Angin Multi Pump.

Oleh karena itu, jika Anda bertanya langsung kepada penjual senapan angin yang ada di Indonesia untuk mencari senapan berjenis Multi Pump, Anda bisa menggunakan istilah “Senapan Angin Pompa”. Bahkan akan jauh lebih membingungkan lagi apabila Anda berbicara dalam bahasa Inggris langsung kepada penjual senapan angin.

  • Senapan Angin Spring / Pegas / Per

Senapan Angin Spring / Pegas / Per sudah sangat bagus bagi Anda yang merasa kurang nyaman jika menggunakan senapan angin pompa, dengan menggunakan jenis spring ini maka Anda hanya perlu mengokang, mengisi peluru senapan dan menembak. Sehingga untuk melakukan penembakan maka prosesnya akan lebih cepat.

selengkapnya di https://www.gsasportindonesia.co.id/product/senapan-angin-pcp-predator-marauder-od-38/

Akan tetapi, senapan angin spring memiliki akurasi yang kurang maksimal dimana hanya berkisar pada jarak sekitar 40 meter. Cara yang paling umum digunakan untuk dapat meningkatkan jarak akurasinya yaitu dengan cara mengganti per-nya dengan yang kuat dan jauh lebih panjang pastinya.

  • Senapan Angin Multi Pump Pneumatic

Senapan Angin Multi Pump Pneumatic ini sebenarnya hampir sama dengan Senapan Angin Single Pump Pneumatic, perbedaannya adalah pada beberapa kali pompa yang bisa Anda lakukan. Tetapi kebanyakan orang lebih menyukai jenis Multi Pump Pneumatik karena jarak akurasinya jauh lebih maksimal.

Senapan Angin Multi Pump Pneumatic sangat cocok untuk menembak target dengan pas sasaran. Selain itu, juga cocok untuk digunakan berburu karena kekuatannya yang bisa diatur dengan mudah berdasarkan dari tabung anginnya. Senapan angin ini mempunyai akurasi maksimal yang bisa sampai 100 meter lebih.

Dalam beberapa kali pompa, Senapan Angin Multi Pump Pneumatic ini hanya bisa digunakan untuk satu kali tembakan saja. Untuk dapat mengatur jarak tempuh peluru atau mimis maka bisa dilakukan dengan banyaknya jumlah pompaan. Tetapi jika senapan angin ini sudah dilakukan pemompaan secara masimal maka apabila dipaksa untuk dipompa kembali akan terasa sangat berat.

  • Senapan Angin Pre-Charged Pneumatic (PCP)

Senapan Angin Pre-Charged Pneumatic (PCP) ini mempunyai kekuatan yang tidak jauh berbeda dengan Senapan Angin Multi Pump. Kekuatan senapan angin jenis yang satu ini berisi dari udara atau angin yang diisikan secara langsung ke dalam tabung senapan angin.

Untuk pengisian anginnya bisa dilakukan dengan cara melakukan pompaan menggunakan tangan atau pemompaan menggunakan tangan kita sendiri dengan pompa terintegrasi, seperti misalnya senapan angin gejluk dimana pemompaan dilakukan dengan menggunakan kompresor atau pemompaan menggunakan tabung.

Kelebihan yang dimiliki oleh senapan angin jenis adalah hanya dengan satu kali pengisian angin saja sudah dapat digunakan untuk menembak hingga berkali-kali, jarak akurasi yang sangat jauh, tekanan atau kekuatan tembaknya besar (bisa mencapai 3000 fps).

  • Tabung Scuba untuk Mengisi Senapan Angin PCP

Kelemahannya adalah jika Anda melakukan pengisian angin dengan cara melakukan pemompaan menggunakan tangan, maka hal ini akan sangat melelahkan sekali. Hal ini karena dibutuhkan beberapa kali pompa bahkan hingga ratusan kali supaya tabung bisa terisi dengan penuh.

Atau misalnya jika Anda mengisi dengan menggunakan kompresor ataupun tabung, maka Anda akan sangat direpotkan nantinya saat membawa peralatan tersebut. Tetapi sudah cukup selaras dengan kemampuannya yang sangat baik.

Demikian informasi mengenai berbagai macam jenis senapan angin yang penting sekali untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>